Sebuah Perlawanan

Sesosok tubuh lewat. Sambil menundukkan pandangannya sesosok tubuh itu lewat beriringan dengan semilir angin. Sosok itu seperti anak kuliahan. Pakaiannya tertutup rapat, panjang, tidak banyak jahitan. Yang membuatnya khas adalah cadarnya.

Sejenak ku berpikir. Apa yang membuatnya unik. Bukankan cadar itu biasa-biasa saja. Apalagi bagi pada aktivis yang memang sering berinteraksi dengan warna-warna kehidupan, terutama dinamika Islam. Mencoba lama tuk berpikir, mencoba mencari sebuah jawaban. Sesaat dia hanya sepotong kain yang ditutupkan diwajah sebagian akhwat muslimah. Tetapi hakikatnya dia lebih dari itu. Dia adalah simbol perlawanan; perlawanan zaman, perlawanan manusia, perlawanan pemikiran, perlawanan ideologis, dan perlawanan generasi. Sebuah pilihan, pilihan melawan arus.

Mungkin cadar itu biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Tapi hakikatnya dia istimewa. Keistimewaannya terletak pada makna-makna kesendirian. Makna-makna kesendirian yang akan selalu melahirkan perlawanan. Berat ternyata, dalam zaman seperti sekarang mencoba membangun identitas kultural religius, terutama pribadi, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak pada sebuah cadar. Makna-makna perlawanan itu ada dimana-mana. Ia dapat berupa pemikiran, strategi, taktis, dan teknis.

Akhwat itu memilih bercadar adalah sebagai bentuk perlawanan, menjadi berbeda dengan kebanyakan wanita. Begitupun menjadi manusia yang jujur di zaman penuh kebohongan ini adalah juga perlawanan dalam bentuk lainnya.

 

Resume, bab 4, Menuju Kemenangan Dakwah Kampus karya Ahmad Atian, sub bab sebuah perlawanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s